Responsive Ads Here

Selasa, 12 September 2017

Operasi Lubang Kunci

Operasi Lubang Kunci




Setiap tahun, sejumlah orang Kanada membuat keputusan sepenuh hati untuk memberikan salah satu dari ginjal mereka kepada keluarga atau teman yang membutuhkan.
Sementara isyarat penyelamatan hidup ini adalah berkah bagi penerimanya, hal itu dapat menimbulkan tantangan pada sejumlah tingkat donor. Praktik standar untuk mengeluarkan ginjal adalah membuat insisi 20 sampai 30 sentimeter di sisi tubuh, melalui dua sampai tiga lapis otot dan menghilangkan tulang rusuk 10 sentimeter. Dengan timbulnya jaringan parut dan beberapa bulan setelah ketidakaktifan, keputusan untuk menjadi donor sangat menakutkan bagi banyak orang.
Namun berkat prosedur medis inovatif yang disebut operasi laparoskopi atau "lubang kunci", sayatan yang menyakitkan dan masa pemulihan yang lama mungkin akan segera menjadi masa lalu.
"Dibandingkan dengan cara tradisional, operasi lubang kunci adalah operasi perut utama tanpa sayatan dan irisan yang tidak nyaman," kata Dr. Joseph Mamazza, ahli bedah terkemuka dan direktur medis Program Terapi Akses Minimal di Rumah Sakit St. Michael di Toronto. "Ini melibatkan potongan 8 sampai 10 sentimeter di area selangkangan, jadi kemungkinan infeksi dan komplikasi lainnya kurang."

Selama prosedur tersebut, dokter mengembang perut donor untuk membuat sayatan ukuran lubang kunci kecil. Sebuah laparoskopi (kamera serat optik kecil) kemudian dimasukkan, bersama dengan instrumen panjang yang digunakan untuk memutuskan pembuluh darah dan melepaskan ginjal.
Dua tahun yang lalu, Glenn Collins menjalani pemeriksaan ginjal laparoskopi pertama di Alberta Selatan untuk membantu kakaknya, Michael, seorang penderita diabetes yang didiagnosis menderita penyakit ginjal pada tahun 1997. Kado Glenn memberi Michael kesempatan hidup yang baru, terutama sejak saudaranya telah dianggap sebagai calon yang tidak mungkin untuk transplantasi karena umur dan riwayat medisnya.

Sebagai pendukung donasi organ yang hebat, Glenn mendekati sebuah klinik di Calgary untuk menjadi donor ginjal langsung setelah dia membaca tentang operasi laparoskopi di Internet.
"Itu adalah keputusan yang mudah dibuat karena Michael sangat membutuhkan," kata Glenn. "Meskipun ada anggota keluarga besar kami yang mungkin datang, saya meningkatkan panggilan karena saya yang termuda dan paling bugar, dan lulus semua tes untuk menentukan apakah saya adalah donor yang cocok."
Ketika ditanya tentang kesembuhannya, Glenn ingat bangun hari setelah operasi dan berjalan di koridor panjang menuju kamar Michael.

"Jika bukan karena bekas luka itu, saya tidak akan pernah percaya bahwa saya telah dioperasi!" dia berkata.
Menurut Dr. Mamazza, operasi laparoskopi menguntungkan beberapa alasan. Sebagai permulaan, donor donor hidup biasanya bertahan dua kali lebih lama dari pada ginjal yang diambil dari donor kadaver - orang-orang yang telah meninggal mendadak sebagai akibat dari beberapa jenis trauma. Selain itu, donor hidup yang menjalani operasi laparoskopi menderita ketidaknyamanan pasca operasi minimal dan biasanya memiliki pemulihan yang lebih cepat, dengan masa inap di rumah sakit berkurang dari beberapa bulan sampai beberapa hari.
"Operasi lubang kunci berjalan jauh untuk menghilangkan ketakutan donor dan penerima," kata Dr. Mamazza.
Saat ini, sumbangan hidup terus meningkat, terhitung hampir 40% dari semua transplantasi ginjal dilakukan.

Prosedur operasi lubang kunci donor hidup pertama di dunia dilakukan pada bulan Februari 1995 di Rumah Sakit Johns Hopkins di Baltimore. Sejak tahun 2001, The Kidney Foundation of Canada telah mendukung kerja peneliti Kanada yang terlibat dalam studi prosedur laparoskopi.
Satu-satunya badan amal kesehatan nasional yang melayani kebutuhan khusus orang-orang yang hidup dengan penyakit ginjal, The Kidney Foundation of Canada mendanai penelitian, memberikan layanan dukungan pendidikan dan emosional, mendukung akses terhadap layanan kesehatan berkualitas tinggi, dan secara aktif mempromosikan kesadaran dan komitmen terhadap sumbangan organ.

Demikian artikel yang telah saya buat semoga bermanfaat buat kalian semua , Silahkan dibaca juga artikel sebelumnya tentang "Diet Rendah Karbohidrat" Terimakasih .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar